Pages

Minggu, 13 Januari 2013

las Oksi-Asetilin (Asetilin dan Oksigen)

Untuk melakukan penyambungan logam dengan proses las oksi-asetilin yang menggunakan pencampuran gas oksigen sebagai gas pembakar dan gas asetilin sebagai bahan bakar digunakan alat-alat khusus yang perlu dipahami jenis, fungsi dan kegunaannya serta cara penanganan dari alat-alat tersebut.  Sehingga pada penggunaannya tidak terjadi kesalahan-kesalahan yang pada akhirnya akan menimbulkan kecelakaan. Untuk itu, ada beberapa alat utama las oksigen asetilin yang akan dijelaskan jenis, fungsi serta kegunaan dari alat tersebut seperti di bawah ini :

Tabung gas oksigen
Gas oksigen untuk proses pengelasan las gas disimpan dalam botol (silinder gas) yang berbentuk tinggi langsing dan berwarna biru, terbuat dari baja, dengan volume gas oksigen pada tekanan 150 kg/cm² adalah 6000 liter. Pada bagian atas botol gas terdapat katup pengeluaran gas yang terbuat dari bahan tembaga dengan roda tangan dan socket yang terdapat pada katup pengeluaran gas yang menggunakan ulir kanan.


Pada bagian bawah botol gas terdapat keping pengaman limer dengan maksud apabila ada kelebihan tekanan akibat panas yang ditimbulkan oleh nyala balik yang terjadi pada proses pengelasan atau akibat dari tabung gas terjatuh maka keping pengaman akan terbuka secara otomatis.


Kerusakan pada katup tabung gas akibat dari kesalahan penggunaan tabung gas akan mengakibatkan mudah terjadinya kebakaran di sekeliling tempat kerja. Untuk itu perlu kiranya memperhatikan prosedur yang benar tentang pemakaian tabung gas

Tabung gas asetilin
Gas asetilin untuk proses pengelasan las gas disimpan dalam botol (silinder gas) yang pendek gemuk dan berwarna merah, terbuat dari baja dengan volume gas oksigen pada tekanan 15 kg/cm² adalah 6000 liter. Bagian dalam botol gas asetilin dilapisi dengan bahan berpori yang terbuat dari asbes atau sutera tiruan yang berfungsi untuk menyimpan cairan aseton, yaitu cairan kimia di mana gas asetilin dapat larut dengan baik dan aman di bawah pengaruh tekanan di dalamnya.

Pada bagian atas botol gas terdapat katup pengeluaran gas yang terbuat dari bahan tembaga dengan pembuka gas menggunakan kunci gas khusus, serta socket yang terdapat pada katup pengeluaran gas menggunakan ulir kiri. Pada bagian bawah botol gas terdapat keping pengaman lumer dengan maksud apabila ada kelebihan tekanan akibat panas yang ditimbulkan oleh nyala balik yang terjadi pada proses pengelasan, maka keping pengaman akan terbuka secara otomatis.
Cara penggunaan tabung gas asetilin secara aman adalah sebagai berikut :
1.    Letakkan tabung dengan posisi berdiri tegak.
2.    Setiap pemakaian gas harus melalui regulator.
3.    Tidak boleh diletakkan pada tempat panas.
4.    Jauhkan dari sumber api, bahan mudah terbakar dan benturan.
5.    Tidak diperkenankan untuk menggoreskan elektroda.
6.    Jangan mencabut tanda-tanda khusus yang terdapat pada tabung gas.

Sampai sini silahkan dilanjut bacanya, jangan lupa like nya ya
Perbedaan antara tabung gas oksigen dan tabung gas asetilin

Perbedaan
Tabung gas oksigen
Tabung gas asetilin
Bentuk
Tinggi lansing
Pendek gemuk
Tekanan isi maksimum
150 kg/cm²
15 kg/cm²
Katup/pembuka katup
Roda tangan
Kunci shock
Baut dan mur pengikat
Ulir kanan
Ulir kiri



Regulator las
Regulator pada pengelasan berfungsi sebagai alat penurun dan pengatur tekanan isi menjadi tekanan kerja yang tetap besarnya sesuai dengan yang dikehendaki. Pada regulator las terdapat dua alat pengukur tekanan atau manometer, yaitu :
1.    Manometer tekanan isi yang berfungsi untuk mengetahui jumlah tekanan isi yang terdapat dalam silinder.
2.    Manometer tekanan kerja yang berfungsi untuk mengetahui besarnya tekanan kerja yang kita keluarkan untuk pengelasan.


Menurut jenisnya, regulator las dibedakan atas dua jenis, yaitu :
1.    Regulator satu tingkat, dimana tekanan isi dalam tabung gas dturunkan sekaligus menjadi tekanan kerja pengelasan.
2.    Regulator dua tingkat, dimana untuk mendapatkan tekanan kerja yang dikehendaki, tekanan isi gas di dalam tabung diturunkan secara bertingkat.


Selang las
Selang las berfungsi sebagai saluran gas dari silinder atau generator ke pembakar las. Selang las harus memiliki kekuatan terhadap tekanan gas ±10 kg/cm² tetapi tidak kaku. Selang las umumnya memiliki ukuran standar garis tengah 5 mm, 6 mm atau 7,5 mm.

Selang las pada pengelasan las oksi-asetilin berwarna hijau, biru atau merah. Selang berwarna biru atau hijau digunakan untuk selang gas oksigen, sedangkan selang yang berwarna merah digunakan untuk gas asetilin dengan pemasangan selang pada tabung gas diikat menggunakan klem dan pada kedua ujung selang las baik yang akan disambungkan dengan pembakar maupun yang disambungkan dengan tabung gas melalui naple atau alat penyambung selang

Untuk menghindarkan selang las dari kerusakan pada saat digunakan, maka selang las harus dipelihara dan diamankan dari penggunaan yang tidak sesuai dengan prosedur. Ada hal-hal  penting yang harus diperhatikan pada saat menggunakan selang las di antaranya adalah :
1.    Penggunaan selang las hendaknya tidak mengganggu lalu lintas dan tidak terlipat pada saat digunakan.
2.    Tidak diperkenankan menggunakan kawat atau isolasi untuk mengikat dan menutup kebocoran pada sambungan dan selang las.
3.    Gunakan alat penyambung dan pengikat selang las khusus.
4.    Hindarkan selang dari kontak dengan sumber panas, percikan bunga api, kejatuhan benda panas, benda tajam serta dari minyak.
5.    Tidak diperkenankan menekuk selang las untuk menghentikan aliran gas pada selang.
6.    Tiup terlebih dahulu selang untuk menghilangkan debu dengan tekanan udara sebelum selang dipasangkan.
7.    Periksa secara berkala kondisi selang yang digunakan dari kebocoran, hangus atau dari sambungan yang longgar.
8.    Periksalah kebocoran selang las dengan mencelupkan selang ke dalam air pada tekanan kerja biasa.
9.    Potong bagian selang yang bocor dan gunakanlah alat penyambung selang untuk menyambungkan kembali selang yang telah dipotong.
10. Apabila terjadi nyala balik pada saat melakukan pengelasan, periksalah bagian dalam selang. Apabila terjadi kerusakan, gantilah selang dengan yang baru.
11. Gulung selang dengan baik dan gantungkan pada gantungan selang apabila selang telah selesai digunakan.

Perbedaan regulator :


Perbedaan
Regulator gas oksigen
Regulator gas asetilin
Warna dasar
Biru, hitam dan atau abu-abu
Merah
Skala ukuran tekanan isi maksimum
250 kg/cm²
30 kg/cm²
Skala ukuran tekanan kerja maksimum
12 kg/cm²
3 kg/cm²
Baut dan mur pengikat
Ulir kanan
Ulir kiri dengan tanda keratan pada bagian tengah mur pengikat


Jangan lupa like nya. Terima kasih

reff :
Modul :melaksanakan prosedur pengelasan, pematrian, pemotongan dengan panas dan pemanasan.
Gambar : pusathardware.com  


10 komentar:

  1. terima kasih infonya semoga bermanfaat bagi kami bos salam santun By@ https://www.facebook.com/pages/Tenda-Murah/275252905919181?ref=hl

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam. terima kasih sudah berkunjung ;-)

      Hapus
    2. masama gan semoga kami disini saling membantu sebab keterkaitan create@by www.tendaq.com

      Hapus
  2. mas mau tanya kalau untuk harga gas asetilin itu berapa ya? untuk hitungannya per apa? mohon informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. harganya pertabung, nah tabungnya sendiri bermacam macam kapitasnya (Welding Grade (WG), High Purity (HP) Grade dan Ultra High Purity (UHP) Grade). Untuk harga pastinya saya kurang tau gan namun yang WG +/- 1 jtan. Mudah mudahan bisa terbantu

      Hapus
    2. Asslm mas mohon pencerahannya setelah mengering lasan nya rapuk ya tidak nempel, mohon di bantu mas

      Hapus
    3. jenis material yang dilas apa? biasanya klo las asetilin kalo tidak menempel diakibatkan benda satu dengan yang lainya ada kotoran, memang belum tersambung, beda material satu dengan yang lain, apabila material yang dilas tebal biasanya sulit untuk nyambung(terlas). mudah mudahan bisa membantu

      Hapus
  3. Apa saya pakai las gas LPG dan oksigenya , bukan asetilin

    BalasHapus
    Balasan
    1. LPG dan oksigen biasanya hanya untuk memotong, tidak untuk menyambung. klo boleh tau matrial yang dilas apa? tebalnya berapa? jangan lupa pake isi(pluk/kawat las) juga ya sebagai pembantu untuk penyambnungan

      Hapus
  4. dijual tabung asetilin digunakan buat ngelas ada 9 tabung harga @1200.000 lokasi sukodono sidoarjo minat hub ane 03172088757 ato 085331145345. siapa cepat dia dapat.

    BalasHapus

yang bermanfaat ya, sopan dan terpercaya